Home » » Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

    

Berbagai Jenis Jaringan Komputer :

                  Local Area Network atau LAN adalah Komputer yang saling Berhubungan dalam Satu Lokasi/Gedung yang sama. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada Teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan Perangkat Switch yang mempunya kecepatan Transfer pada 10, 100 atau 1000 Mbit/s .

    LAN mempunya Karakteristik sebagai Berikut :

    1. Mempunyai Pesat data yang lebih tinggi .

    2. Meliputi Wilayah Geografi yang lebih sempit

    3. Tidak Membutuhkan Jalur Telekomunikasi yang disewa operator telekomunikasi.

    Biasanya Salah Satu Komputer diantara jaringan Komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatut semua sistem di dalam Jaringan Tersebut .



Ciri - Ciri Jaringan LAN

    1. Bekerja di Area Geografis yang Terbatas .

    2. Dapat di gunakan Multi Acceaa hingga High Bandwidth Media

    3. Administrasi dilakukan Melalu Administrasi Lokal .

    4. Memiliki  Pusat Terminal ( Switch/HUB ) ( Jika Menggunakan HUB akan Lebih Lambat dalam Pengaksesan karena Speed Terbagi untuk Client yang lain dan tidak bisa dijadikan Server )

    Perangkat LAN yang digunakan diantaranya : Repeater , Bridge , Router , Hub dan LAN Card


2. MAN ( Metropolitan Area Network )

    # Jaringan MAN merupakan Jaringan Versi LAN yang Mencakup Daerah yang Lebih Besar dibandingkan LAN dan Biasanya Menggunakan Teknologi yang sama dengan LAN . MAN dapat Mencakup Suatu Kantor - Kantor yang Berdekatan . MAN mampu Menunjang Data dan Suara dan Sekarang ini dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel.

3. WAN ( Wide Area Network )

    # Jaringan WAN merupakan Jaringan Komputer yang menjangkau Area yang secara Geografis sangat Luas.Jaringan WAN merupakan Jaringan Antar Negara , benua Bahkan seluruh Dunia. Untuk Menghubungkan Komputer yang Letaknya Sangat Jauh komputer dihubungkan dengan bantuan Jaringan Lain di antarana Jaringan Telepon atau Sinyal Satelit

4. Intranet

   # Intranet adalah Jenis Jariangan Yang Merupakan Gabungan Antara Jaringan LAN/WAN dengan Internet.

    Apabila dilihat dari Lingkupnya Jaringan ini Merupakan Jaringan LAN/WAN yang Memberikan Layanan Seperti Internet kepada Clientnya.

    Perbedaan Mendasar antara Internet dan Intranet adalah Intranet hanya melayani satu Organisais atau Perusahaan Tertentu

5. Internet

    # Internet adalah Jaringan yang Tersebar di Seluruh Dunia yang saling terhubung membentuk jaringan raksasa . Dalam Jaringan ini terdapat Banyak Layanan diantaranya FTP , Email , Chat , Telnet , News Group dan Masih Banyak Lagi layanan yang ada dalam Internet . Jenis Jaringan Ini Biasanya Menggunakan Protocol TCP/IP



7 komentar:

Jangan Lupa Komentarnya ! ^_^